PENYALUARAN DANA INSENTIF GURU NGAJI DAN HONOR OPERASIONAL LINMAS DAN LKMD DESA NGRAPAH

            Ngrapah  28 September 2021 menyalurkan dana insentif kepada guru ngaji dan madin se desa ngrapah  sebanyak 43 orang.Tahun demi tahun generasi muda terus mengalami kemerosotan moral, etika, dan perilaku. Hal tersebut juga dialami generasi muda umat Islam yang saat ini makin banyak melupakan ilmu agama. Inilah yang hakikinya menjadi pondasi utama dalam ilmu dunia. pendidikan agama sangatlah penting diberikan kepada anak-anak terkhususny anak usia dini, karena pendidikan agama merupakan tiang untuk membetuk ahklak anak untuk menuju dewasa. “Pengetahuan agama modal utuma bagi anak untuk menjalani kehidupan .

Diakui atau tidak, peran guru ngaji adalah sebagai ujung tombak atau garda
depan dalam penyebaran misi Islam yang rahmatan lil ’alamin. Bahkan gerakan
pembumian Al-Qur’an, atau meminjam istilah yang dipopulerkan oleh Gus Dur di era
80-an yaitu pribumisasi Islam, sejatinya tidak terlepas dari upaya gerakan dakwah yang
dilakukan oleh para guru ngaji; mendidik generasi muda yang ber-akhlakul karimah.
Upaya konkrit yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat adalah pendidikan
karakter, yaitu suatu bimbingan moral-spiritual sebagai ikhtiyar dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa yang bermartabat sebagaimana yang diamanatkan konstitusi yang
menjadi dasar dalam mengelola negara.

Dokumentsi insentif guru ngaji

 

PENYERAHAN DANA OPERASIONAL LKMD DAN LIMAS

 

Untuk dana operasional linmas tahun 2021 sejumlah 15 juta untuk 1 tahun di wakili oleh komandan linmas se desa ngrapah yaitu bapak sunarno dari dusun ngogak.

Sedangkan, pengertian Satlinmas secara lengkap seperti apa yang tertuang dalam pasal 1 ayat 3 Permendagri 84/2014 adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan

Tugas Linmas Desa

Secara garis besar tupoksi Linmas itu ada lima. Hal ini juga telah diatur dalam Permendagri 84/2015 pasal 9 yang isinya sebagai berikut :

  1. Membantu dalam penanggulangan bencana,
  2. Membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat,
  3. Membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,
  4. Membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan
  5. Membantu upaya pertahanan Negara.

 

dokumentasi penyerahan dana operasional linmas

Tahun 2021 dana operasional LKMD senilai 11 juta untuk 11 dusun di wakili oleh ketua LKMD dari dusun setro bapak sunyoto . Lembaga Kemasyarakatan Desa mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa dan merupakan mitra dalam pemberdayaan masyarakat antara lain : Menyusun  rencana pembangunan secara partisipatif; melaksanakan, mengendalikan, memanfaatkan, memelihara dan mengembangkan pembangunan secara partisipatif; Menggerakkan dan mengembangkan partisipasi, gotong royong dan swadaya masyarakat; dan menumbuhkembangkan kondisi dinamis masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Fungsi Lembaga Kemasyarakatan Masyarakat antara lain : Penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan; Penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam kerangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia; Peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat; Penyusunan rencana pelaksana, pelestarian dan pengembangan hasil-hasil pembangunan secara partisipatif; Penumbuhkembangan dan penggerak prakarsa dan partisipasi, serta swadaya gotong royong masyarakat; Pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga; dan pemberdayaan hak politik masyarakat.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan