RAPAT PENGANGGULANGAN STUNTING DI DESA NGRAPAH "REMBUG STUNTING"

  • Jul 26, 2024
  • Desa Ngrapah

Ngrapah, 25 Juli 2024 - Pemerintah Desa Ngrapah mengadakan rembug stunting sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat penurunan angka stunting di desa tersebut. Acara yang berlangsung di Balai Desa Ngrapah ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perangkat desa, kader kesehatan, tokoh masyarakat, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan .

Kepala  Desa Ngrapah, Hj Wargiyati se , dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk mengatasi masalah stunting yang masih menjadi tantangan di desa ini. “Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga masalah masa depan anak-anak kita. Oleh karena itu, kita harus bekerja sama untuk memastikan anak-anak di Desa Ngrapah tumbuh sehat dan cerdas,” ujarnya

Pada rembug stunting ini, peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman serta strategi yang telah berhasil dilakukan dalam mengurangi angka stunting. Kader kesehatan desa juga memberikan paparan mengenai pentingnya asupan gizi seimbang bagi ibu hamil dan balita, serta pentingnya pola asuh yang baik untuk mencegah stunting.

Salah satu inovasi yang diperkenalkan dalam acara ini adalah Program Desa Sehat, yang berfokus pada pemantauan dan pendampingan intensif bagi ibu hamil dan balita. Program ini melibatkan kader kesehatan desa yang akan melakukan kunjungan rutin ke rumah-rumah warga untuk memastikan kecukupan gizi dan kesehatan ibu dan anak.

Dinas Kesehatan mengapresiasi inisiatif Desa Ngrapah dalam menggelar rembug stunting ini. “Langkah ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah desa dan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi masalah stunting. Dinas Kesehatan  siap mendukung penuh melalui program dan bantuan yang diperlukan,” katanya.

Acara rembug stunting ini ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama antara pemerintah desa, kader kesehatan, dan masyarakat untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di Desa Ngrapah. Dengan semangat gotong royong dan komitmen yang tinggi, diharapkan angka stunting di Desa Ngrapah tidak ada yang terkena stunting  dan anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.