Edukasi Mitigasi Bencana: Langkah Bijak Menghadapi Ancaman Alam di SDN Rapah 02 oleh Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro Tahun 2024

  • Oct 07, 2024
  • Desa Ngrapah

(30 September 2024) Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dari Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan edukasi mitigasi bencana untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Rapah 2. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang mitigasi bencana kepada anak-anak, terutama mengenai kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi dan kebakaran. Kegiatan edukasi menggunakan metode fun education dengan media berupa power point dan video edukatif. Pemaparan materi mencakup pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana sejak usia dini yang diakhiri dengan simulasi singkat mitigasi bencana gempa bumi dengan 3 langkah, yaitu “Tutupi kepala, Masuk Kolong Meja, Lari ke lapangan Terbuka”. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan pengenalan kepada anak-anak terkait pengadaan sign jalur evakuasi dan titik kumpul yang akan dipasang di sekitar SD beserta penjelasan fungsi-fungsinya. 


Guru SD Negeri Rapah 2, Ibu Nadhiroh dan bapak ibu guru lainnya menyambut dengan baik kegiatan ini dan berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan dari adik-adik mahasiswa. Anak-anak menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan saat bencana. Semoga, kedepannya akan lebih banyak program serupa, karena mitigasi bencana sangat penting,” tuturnya. Bapak Ibu Guru berharap ilmu yang diberikan dapat menjadi bekal penting bagi siswa di masa depan, tidak hanya paham secara teori, tetapi juga siap secara mental dalam menghadapi bencana.