Sosialisasi tentang Pentingnya APD untuk Keselamatan Kerja di UKM Tahu Pak Arifin oleh TIM KKN Tematik Universitas Diponegoro Tahun 2024

  • Oct 07, 2024
  • Desa Ngrapah

(1 Oktober 2024) Dalam rangka meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Usaha Kecil Menengah, terutama pada sektor pengolahan makanan, Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan sosialisasi pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri yang bertajuk “Sehat dan Aman Bekerja: Pentingnya APD untuk Keselamatan Kerja di UKM Tahu Pak Arifin". Pada kesempatan ini, kami memaparkan materi mengenai jenis-jenis APD yang wajib digunakan sesuai potensi bahaya pada pekerjaan membuat tahu yaitu sarung tangan tahan panas, sepatu boots untuk lingkungan produksi yang basah, masker untuk melindungi paparan debu dan bahan kimia, appron tahan air, hair cap, serta ear plug untuk melindungi telinga dari kebisingan.


Selain itu, dijelaskan pula prosedur bekerja dengan aman seperti memperhatikan kondisi tubuh, housekeeping rumah produksi, dan pengecekan alat-alat produksi secara berkala. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian APD berupa hair cap dan ear plug yang selama ini belum disediakan oleh pemilik UKM. “Kami merasa sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini. Saat proses produksi, pekerja kami sering berhadapan dengan alat-alat yang berpotensi menimbulkan bahaya seperti mesin penggiling yang menyebabkan kebisingan dan pemotong tahu yang dapat menyebabkan terluka apabila tidak berhati-hati. Dengan adanya APD yang tepat, kami berharap keselamatan kerja lebih terjamin,” ungkap Bapak Arifin. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pekerja terhadap pentingnya keselamatan serta menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman bagi para pekerja di UKM Tahu Bapak Arifin.